August 4, 2021

Beranda Islam

Terpercaya – Tajam – Mencerdaskan Umat

BerandaIslam.com — Alqur’an wajib menjadi pedoman hidup seorang muslim sekaligus diletakkan di atas segala-galanya. Hal ini disampaikan oleh cendekiawan muslim, Ustadz Irfan Abu Naveed pada program Kabar Petang Live News Khilafah Channel, Senin (7/6/2021) lalu, melalui kanal youtube KC News dengan tema “Menyoal Pertanyaan Pilih Al-Qur’an Atau Pancasila”.
“…ketika kita memproklamirkan asyhadu alla ilaha illallah bahwa tiada illah selain Allah ta’ala maka walau bagaimanapun Al-quran ini wajib di letakkan di atas segala-galanya. Saya kira tidak ada seorang mukmin muslim yang kemudian memungkiri poin ini terlebih ketika berbicara tentang Al-quran” tegas beliau.
Beliau juga menjelaskan bahwa secara prinsipil dan secara I’tiqodi bagi seorang mukmin jelas Al-quran diatas segala-galanya diatas prinsip-prinsip apapun. Kalau kemudian muncul pertanyaan-pertanyaan mempertentangkan Al-quran dengan apapun jenisnya jelas bagi seorang muslim Al-quran wajib di kedepankan diatas segala-galanya.
“Al-quran apapun jenisnya jelas bagi seorang mukmin muslim Al-quran wajib di kedepankan diatas segala-galanya” terangnya.
Membandingkan Alquran dengan yang lain merupakan perbandingan yang tidak setara. Karena Alqur’an berasal dari Allah SWT yang memiliki fungsi untuk mengatur kehidupan manusia.
“Nah ini kan perbandingan yang tidak apple to apple, kenapa ? karena kalo bicara tentang Al-quran Dia datang dari Allahhu ta’ala…” ujarnya.
Ia juga menambahkan jika ada yang mencoba memisahkan Al-quran dengan kehidupan merupakan prinsip sekulerisme (pemisahan agama dari kehidupan), yakni menjadikan Islam hanya masalah privasi tetapi tidak digunakan untuk mengatur kehidupan bermasyarakat dan berbangsa.
“Kalo misal (ada) orang mengatakan bahwa Al-quran itu dalam wilayah privasi saja sedangkan dalam wilayah kebangsaan maka Al-quran tidak dilibatkan, itu kan prinsip kufur sekulerisme sebetulnya itu bukan aqidah seorang mukmin muslim” pungkas beliau.