September 17, 2021

Beranda Islam

Terpercaya – Tajam – Mencerdaskan Umat

Trump Masih Bercita-cita untuk Kembali ke Kursi Kepresidenan

Mantan Presiden AS, Donald Trump, melancarkan serangan telak terhadap kebijakan penggantinya, Joe Biden, di dalam maupun luar negeri, dan menganggap bahwa Amerika Serikat runtuh di bawah pemerintahan Biden. Ia berkata, “Saat kita bertemu di sini, hari ini, negara kita sedang hancur di depan mata kita. Kejahatan meningkat, departemen kepolisian terkoyak dan mengalami kekurangan dana.”
Dia memperbarui tuduhannya bahwa Demokrat mencurangi pemilihan presiden dan mengatakan bahwa dia sungguh “berusaha menyelamatkan demokrasi”. Dia mengatakan bahwa pemerintahannya telah “menghentikan perang tanpa akhir” di Irak, Suriah, Somalia, dan Afghanistan. Trump juga mengisyaratkan niatnya untuk mencalonkan diri dalam pemilihan presiden berikutnya pada tahun 2024 dengan menyatakan bahwa dia menantikan tahun itu, didukung dengan pernyataan penasihat Trump bahwa dia sedang mencari kemungkinan untuk mengatur kampanye presiden kelak.

Trump juga menuntut Cina untuk membayar sepuluh triliun dolar sebagai kompensasi kepada AS dan dunia karena virus yang sudah disebarkannya. Ia juga mengatakan bahwa negara-negara di dunia harus membatalkan utang mereka ke Beijing, serta menyerukan perlunya setiap negara untuk memaksakan 100% bea masuk atas semua barang dan komoditas yang berasal dari Cina.

Trump menggambarkan serangan siber di negaranya sebagai bentuk ekspresi atas sedikitnya rasa hormat pada pemerintah beserta para pemimpinnya. Ia mengecam keputusan Biden terkait diteruskannya Perjanjian Iklim Paris. Trump menggambarkan langkah tersebut sebagai aksi yang dilakukan demi kepentingan Cina dan Rusia—yang bertentangan dengan kepentingan AS—, dan hal itu akan menelan biaya triliunan dolar setiap tahun. Trump juga menuduh Biden bahwa ia mengizinkan Rusia untuk menyelesaikan pembangunan pipa gas Nord Stream 2. Ia pun berkata, “Yang terjadi sekarang adalah para negosiator Cina serta Presiden Rusia, Putin sedang terang-terangan menertawakan Biden. Sungguh, mereka mengolok-oloknya dan menghina negara kita.”

Tanggapan Al-Waie: Trump adalah salah satu wajah yang menyebabkan ketegangan dan perselisihan pada kebijakan politik dalam dan luar negeri Amerika. Karena popularitasnya dan kebutuhan Partai Republik kepadanya, juga karena dia adalah seorang ekstrimis dalam menyikapi urusan dalam dan luar negeri—yang ini sejalan dengan kebijakan Partai Republik yang dikuasai oleh orang-orang yang memiliki tendensi untuk mendominasi dunia¬—. Oleh karena itu, apabila ia mampu meraih nominasi partai politik untuknya, ini bisa menjadi peristiwa global yang berbahaya bagi dunia.

Diterjemahkan dari Majalah Al-Waie edisi 419, terbit pada bulan Zulhijah 1442 H/Juli 2021 M

Sumber :
http://www.al-waie.org/archives/article/17822