April 17, 2021

Beranda Islam

Terpercaya – Tajam – Mencerdaskan Umat

Saya Pay Jarot Sujarwo mengajak siapa saja untuk ikut menonton film Jejak Khilafah Di Nusantara (JKDN). Ini merupakan film dokumenter yang penting untuk diketahui dan dipahami segenap masyarakat di segenap pelosok nusantara. Fakta-fakta sejarah yang diungkap dalam film ini menjadi pelajaran berharga bagi kita semua untuk tidak hanya menelusuri jejak khilafah, tetapi juga akan banyak informasi yang bisa dijadikan pelajaran untuk kebangkitan umat ke depan.

Sebagai muslim, sudah selayaknya kita meyakini kebenaran akan perkataan Nabi Muhammad SAW, bahwa kelak akan hadir kembali masa khilafah ‘ala minhajin nubuwwah. Keyakinan tersebut seharusnya muwujud dalam laku ikhtiar memperjuangkannya. Ini bukan sekadar janji Allah dan kabar gembira dari Rasulullah, tetapi ini juga bagian dari kewajiban dari setiap muslimin dimanapun berada.

Besok 1 Muharam, film dokumenter JKDN akan diputar. Pemutaran film ini sekaligus akan meluruskan pemahaman tentang khilafah dan jejak-jejaknya di Nusantara. Masih banyak di antara kita yang belum memahami apa itu khilafah dan begitu frontal menolaknya. Masih banyak di antara kita yang sedikit mengetahui informasi tentang khilafah, namun membencinya dengan cara membabi buta. Kenapa kita tidak meluangkan waktu sedikit untuk menonton film ini besok? InsyaAllah akan banyak informasi baru kita dapatkan.

Khilafah adalah niscaya. Kepemimpinan umum dalam Islam ini pernah merajai dunia sepanjang lebih dari 13 Abad. Di Nusantara jejak-jejaknya terlihat jelas. Sayang, perspektif sejarah yang tidak berpihak kepada Islam membuat banyak sekali kekaburan tentang sejarah khilafah di nusantara. Belanda telah dengan serius menjadi pengaburan sejarah tersebut dan berlanjut di masa pemerintahan sekularistik pasca kolonialisme.

Ini saatnya kita hapus sejarah yang kabur itu. Ini saatnya kita kabarkan kepada dunia tentang kegemilangan itu, tentang peradaban agung yang dijalankan berdasarkan wahyu. Tentang kepemimpinan yang dijalankan berdasarkan ketaatan kepada Allah SWT. Tentang khilafah dan jejak-jejaknya di Nusantara.

Tak ada alasan untuk tidak menontonnya. Sekali lagi, Film Dokumenter Jejak Khilafah Di Nusatara. Semoga saja menjadi penyemangat bagi kita untuk terus berjuang menegakkannya kembali. Yuk Nonton.