April 15, 2021

Beranda Islam

Terpercaya – Tajam – Mencerdaskan Umat

Seorang Ulama Turki Larang Umat Kritik Mustafa Kemal Ataturk. Foto: Mustafa Kemal Ataturk. Foto: commons.wikimedia.org

‘Seorang Ulama Turki Larang Umat Kritik Mustafa Kemal Ataturk’, Jangan Diikuti

BerandaIslam.com — Seorang ulama terkenal Turki membuat kehebohan melalui pernyataannya yang melarang segala kritik yang menargetkan Mustafa Kemal Atatürk, pendiri modern Turki. Sebagaimana dilansir dari Republika.co.id, Senin (12/10) kemarin.   

“Secara agama tidak diperbolehkan untuk menentang Mustafa Kemal Atatürk,” ujar Ahmet Mahmut Ünlü, juga dikenal sebagai Cübbeli Ahmet Hoca di Habertürk TV yang dikutip Republika.co.id dari Ahval News, Senin (12/10).

Pernyataan tersebut ditanggapi oleh Ustadz Muhammad Al-amin Knoester, pengasuh Ma’had Darus Tsaqofah Ketapang, Kalimantan Barat. Menurutnya pernyataan ulama Turki tersebut merupakan seburuk-buruknya ucapan dan pembelaan. Sebab sudah tidak diragukan lagi peran Kemal Atatürk telah membuat kehidupan kaum Muslimin porak-poranda sejak tahun 1924 silam dengan meruntuhkan Khilafah yang merupakan junnah-nya umat Islam.

“Tidak ada satupun dasar seseorang melarang untuk mengkritik pengkhianat, bahkan seorang Khalifah sekalipun boleh dikritik ketika melakukan penyimpangan terhadap hukum syara’,” ujar Muhammad kepada Beranda Islam melalui wawancara singkat, Rabu (14/10).

Beliau juga mempertanyakan atas dasar apa adanya kritikan. Karena mengkritik itu mengarahkan kepada kebaikan dan kebenaran selama kritikan tersebut berlandaskan pada Islam.

“Lalu, atas dasar apa seorang ulama yang seharusnya menjadi pembimbing umat justru melarang seseorang mengkritik pengkhianat??” ujarnya.

“Sungguh menyesatkan, apabila hal ini dibiarkan begitu saja. Umat harus tetap bersuara untuk menyerukan yang hak. Jangan malah mengundang murka Allah dengan membela seorang laknatuLlāh..,” tegas Muhammad. Sebagiamana diketahui sikap mayoritas kelompok agama di Turki, yang melihat Atatürk, presiden pertama Turki, sebagai sosok kontroversial karena keputusannya tentang pemisahan negara dan agama serta penghapusan kekuasaan lembaga keagamaan. Sementara itu, Ünlü menegaskan bahwa Atatürk telah sangat berjasa dalam sejarah Turki, bahkan menjadi pahlawan yang menyelamatkan Turki dari kemungkinan buruk di masa depan.[]

(wi)

Sumber : https://republika.co.id/berita/qi2vvz430/seorang-ulama-turki-larang-umat-kritik-mustafa-kemal-ataturk