October 21, 2021

Beranda Islam

Terpercaya – Tajam – Mencerdaskan Umat

Pemuda di masyarakat manapun dianggap sebagai tonggak dan alat perubahan. Karena Allah SWT telah menganugerahkan kepada mereka  energi yang kuat, semangat yang tinggi, tekad yang membaja dan keinginan hidup yang besar. Oleh karena itu, mereka bergantung kepada pemuda dalam menciptakan perubahan di masyarakat manapun. Pemuda adalah segmen terpenting dalam masyarakat, karena efektivitas dan pengaruh mereka, baik positif atau negatif.

Fakta bahwa Barat kafir penjajah selalu berusaha mengikatkan negeri kita kepadanya, dengan senantiasa menyebarkan pemikiran-pemikirannya yang batil dan pemahaman-pemahamannya yang rusak dalam masyarakat kita sehingga mereka tetap tak berdaya dan lumpuh, tak mampu menghadapi atau bekerja untuk menciptakan perubahan yang benar dan nyata. Karena pentingnya golongan pemuda dan kapabilitas mereka untuk membalikkan timbangan.

Maka Barat kafir penjajah masih gigih terus-menerus menyerang masyarakat kita untuk menghancurkan golongan pemuda dengan ide-ide kapitalisme yang merusak dan dengan mengosongkan [benak mereka dari] ide-ide agama mereka yang lurus, konsep-konsep yang mulia dan nilai-nilai yang luhur. Dengan demikian, Barat kafir penjajah dapat mengisi akal dan benak mereka dengan ide, konsep dan nilai-nilai peradaban yang sakit.

Maka Barat bertindak demikian, sebagai pukulan pencegahan dan upaya untuk memblokir jalan bagi pemuda agar mereka tidak menjadi alat yang positif dalam masyarakat mereka, yang membuat mereka berusaha untuk mengubah masyarakat dan memindahkannya dari situasi buruk dan mengerikan ke kondisi yang lebih baik.

Sesungguhnya, aktivitas politik yang menganut Islam sebagai ideologinya, merupakan salah satu tindakan terpenting dan paling agung dalam realitas kita saat ini. Karenanyalah tercipta aksi perubahan nyata dan mengubah kondisi umat Islam di seluruh penjuru bumi, bahkan mengubah kondisi seluruh umat manusia, karena Islam datang kepada manusia secara menyeluruh. Allah SWT berfirman, “Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad), melainkan kepada semua umat manusia sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan.” (Q.S. Al-Furqan: 56) Juga firman Allah, “Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad), melainkan sebagai rahmat bagi seluruh alam.” (Q.S. Al-Anbiya: 107)

Aktivitas politik yang berasas Islam adalah kewajiban terpenting yang telah Allah wajibkan kepada kaum muslimin selama langit dan bumi masih ada. Maka bagaimana jika mereka tidak memiliki negara yang mengatur dengan syariat Allah, menegakkan keadilan dan kebenaran di antara mereka? Allah SWT berfirman dalam kitab-Nya, “Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.” (Q.S. Ali Imran: 104)

Maka, wahai pemuda muslim! Tidakkah kalian melihat keadaan umat kalian di Suriah, Palestina, Afghanistan, Iraq, Turkistan Timur, Uzbekistan, Libya, Asia Tengah, Pakistan, Mesir, Myanmar, Tajikistan, dan negeri-negeri Islam lainnya? Bagaimana penderitaan mereka? Kalian telah melihat sendiri bagaimana Barat melalui para penguasa pengkhianat yang disewa mengendalikan hingga bagian terdalam dan setiap detail kehidupan mereka, terlepas dari perampasan mereka terhadap kekayaan dan kebaikannya, maka tidak ada yang bisa menyelamatkannya dari situasi menyakitkan ini kecuali dengan Islam. Hal ini tidak dapat dicapai kecuali dengan kerja keras, semangat yang tinggi serta kesadaran politik dan keikhlasan, hingga sampai kepada masa bergantinya malam menjadi siang, dimana ditegakkannya syariat Allah SWT dan pertolongan alam baginya. Semoga Allah SWT senantiasa memuliakan umat Nabi Muhammad SAW tercinta dan menegakkan agama-Nya bagi mereka (para pemuda muslim), yang menjaga, membentengi, melindungi, menjamin keamanan dan keselamatan umatnya.

Dan ini semua wahai para pemuda, dibutuhkan dari kalian untuk menjadi pelaku hal positif dalam masyarakat kalian dan bekerja dengan orang-orang yang ikhlas untuk menegakkan hukum Islam. Ingatlah kalian bahwa tugas ini merupakan tugas yang diemban oleh para Nabi, Rasulullah SAW, dan para sahabat –semoga Allah meridhai mereka. Rasulullah SAW berkata kepada kalian, “Saya telah ditolong oleh pemuda”, maka dapatkah kalian menolongnya dengan bekerja keras untuk membangun kekhalifahan kedua sesuai dengan metode kenabian? Sehingga kalian akan dihormati di dunia dan dapat mendominasi serta memimpin seluruh alam –dan kalian pantas mendapatkan itu–, di akhirat kelak kalian akan menjadi penghuni surga bersama dengan para nabi, orang-orang jujur, para syuhada, orang-orang sholih, dan merekalah sebaik-baik teman.

Diterjemahkan dari Surat Kabar Ar-Rayah edisi 317, terbit pada Rabu, 1 Jumadil Ula 1442 H/16 Desember 2020 M