August 4, 2021

Beranda Islam

Terpercaya – Tajam – Mencerdaskan Umat

BerandaIslam.com – Melihat gejolak pandemi yang semakin meningkat dinilai oleh Intelektual Muslim, Zikrie Azhar, S.Pd bahwa akibat ketidakmampuan negara saat ini dalam mengurusi rakyat karena telah meninggalkan hukum Allah SWT. Hal ini disampaikannya melalui pesan singkat via whatsapp Sabtu (11/7) kemarin kepada Beranda Islam.

“Ketidakmampuan negara saat ini dalam mengurusi rakyat adalah karena meninggalkan hukum Allah swt” ujarnya

Ia juga menjelaskan ketika hukum Allah dicampakkan akan memberikan efek domino kerusakan. Dan penguasa-penguasa yang dihasilkan juga jauh dari indikator penguasa yang bertaqwa sehingga hanya mengambil keuntungan pribadi.

“Seringkali menjadi penguasa yang mencari keuntungan di tengah kesempitan (red_pandemi), penguasa yang korup dan zalim. Semua ini akan berujung pada kebijakan dan turunannya” terangnya.

Ia juga menjelaskan bahwa meningkatnya jumlah korban pandemi Covid-19 ini ada beberapa faktor diantaranya adalah karena sifat virus corona itu sendiri yang memiliki tingkat penyebaran/penularan yang sangat tinggi. Termasuk faktor lain adalah lemahnya pemahaman masyarakat dan kebijakan negara untuk menanggulangi pandemi dari sisi preventif (pencegahan) dan kuratif (penanggulangan).

“Lemahnya literasi masyarakat awam akan perihal wabah ini juga semakin memperparah penyebarannya, sebagaimana tak sedikit kita temukan sebagian masyarakat yang menganggap virus ini tidak berbahaya bahkan hingga mengabaikan protokol kesehatan” terangnya.

Zikri yang kesehariannya sebagai pengasuh Ma’had Inhadhul Fikri juga mengingatkan bahwa pandemi bisa terjadi karena kemaksiatan manusia dan tatkala kehidupan ini tidak diatur dengan Islam; artinya jika meninggalkan aturan Allah maka hanya kesulitan dan kerusakanlah yang akan terjadi di muka bumi ini, maka ia menyerukan agar untuk kembali menerapkan Islam.

“Akhirnya solusi hakiki satu-satunya adalah mengambalikan Islam sebagai satu-satunya solusi segala problematika kehidupan manusia termasuklah negeri ini” pungkasnya.