August 4, 2021

Beranda Islam

Terpercaya – Tajam – Mencerdaskan Umat

BerandaIslam.com, – Melihat gejolak pandemi yang semakin meningkat dinilai oleh Intelektual Muslim, Zikrie Azhar, S.Pd bahwa pemerintah jangan berfikir untung rugi untuk mengatasi pandemi. Hal ini disampaikannya melalui pesan singkat via whatsapp, Sabtu (11/7) kemarin.

“Hendaknya penguasa jangan memikirkan untung atau rugi dalam perkara nyawa manusia seperti ini” ujarnya kepada Beranda Islam.

Ia juga menjelaskan bahwa infrastruktur kesehatan serta obat-obatan juga harus mampu disediakan. Inilah pentingnya peran negara untuk mengurusi urusan rakyat. Bahkan di dalam pandangan Islam merupakan suatu kewajiban.

“Kemudian infrastruktur kesehatan serta obat-obatan kita juga harus mampu memproduksi sendiri, sungguh menyedihkan jikalau negara sebesar ini kehabisan tabung oksigen. Ini juga menjadi teguran bagi pemerintah agar membenahi diri dan menjadi negara yang mampu memproduksi obat-obatan serta keperluan medis yang lain agar tak menggantungkan nyawa rakyat sendiri kepada negara lain” jelasnya.

Selain itu ia juga menambahkan bahwa pemerintah harus mengambil langkah cepat dan mencega penyebaran semakin meluas yakni dengan melakukan testing massal dan kebijakan vaksin yang tepat dan benar.

“Pemerintah harus mengerahkan segala upaya untuk melakukan solusi preventif, yakni mencegah penularan, dengan melakukan testing secara masal dan tracking untuk memisahkan yang sehat dan yang sakit” jelasnya.

Menurutnya rendahnya tingkat testing ini semakin memperparah wabah karena tercampurnya yang sehat dan yang sakit, terlebih masyarakat tidak diberikan pemahaman yang benar dan akan semakin memperpanjang pandemi.

“Rendahnya tingkat testing dinegeri ini membuat penyebaran wabah ini semakin parah karena yang sakit dan sehat tercampur; hal ini juga akan memperpanjang kondisi yang sulit saat ini” pungkasnya. (tgh/wi)