April 22, 2021

Beranda Islam

Terpercaya – Tajam – Mencerdaskan Umat

BerandaIslam.com – Sebagaimana dikutip melalui Republika, Kamis (10/9) para pemimpin Palestina memenangkan dukungan baru Saudi untuk pembentukan negara Palestina pada Rabu (9/10). Namun, mereka gagal membujuk Liga Arab untuk mengutuk kesepakatan normalisasi hubungan antara Israel dan Uni Emirat Arab yang terjadi pada bulan lalu.

Pada konferensi video para menteri luar negeri Liga Arab, kepemimpinan Palestina melunakkan kecamannya terhadap UEA untuk Agustus yang ditengahi AS. Hal ini terkait akan adanya 13 kesepakatan UEA-Israel, yang akan diresmikan pada upacara penandatanganan di Gedung Putih minggu depan, tetapi ini juga tidak berhasil dilakukan oleh pihak Palestina.

“Diskusi mengenai hal ini serius. Itu komprehensif dan memakan waktu. Tapi, itu tidak mengarah pada kesepakatan tentang rancangan komunike yang diusulkan oleh pihak Palestina,” kata Asisten Sekretaris Jenderal Liga Arab Hossam Zaki kepada wartawan.

Kesepakatan UEA-Israel adalah akomodasi pertama antara negara Arab dan Israel dalam lebih dari 20 tahun, dan sebagian ditempa oleh ketakutan bersama terhadap Iran.

Warga Palestina kecewa dengan langkah UEA, khawatir itu akan melemahkan posisi pan-Arab lama yang menyerukan penarikan Israel dari wilayah pendudukan dan penerimaan kenegaraan Palestina sebagai imbalan untuk hubungan normal dengan negara-negara Arab.[]

(WI) Sumber : https://republika.co.id/berita/qgewbw385/palestina-gagal-bujuk-liga-arab-kutuk-kesepakatan-ueaisrael