April 13, 2021

Beranda Islam

Terpercaya – Tajam – Mencerdaskan Umat

Masjid Jami’ Sultan Syarif Abdurrahman merupakan masjid pertama yang didirikan di kota Pontianak. Selain masjid juga ada bangunan Istana Qadriyah yang menjadi penanda lahirnya kota ini sekaligus bukti penyebaran Islam di Pontianak.

Demikian disampaikan oleh Atma Budi Wirawan, salah satu seniman yang pada senin (11/7) kemarin terlihat sedang melukis masjid Jami’ dari seberang, tepatnya di wilayah Water Front. Atma merupakan seniman yang tergabung dalam jejaring seninam Muslim Khat dari Kalimantan Barat yang pada kesempatan ini sedang terlibat dalam project KHAT Arts Trip.

Menurut Atma, tidak bisa dipungkiri bahwa Masjid Jami’ adalah sarana utama dakwah Islam di Kota ini. Sultan dan para kerabat, da’i, para musafir, pedagang, masyarakat umum sejak 1700an telah menjadikan masjid Jami’ sebagai pusat aktivitas. Dari sini kemudian Islam menyebar ke berbagai daerah di Kalimantan Barat.

“Alasan ini cukup kuat bagi kami untuk mengabadikan Masjid Jami’ Sultan Syarif Abdurrahman dalam sketsa-sketsa yang insyaAllah pada bulan Muharam nanti akan dipamerkan di Jogjakarta,” ujar Atma.

Hal senada juga disampaikan oleh seniman Khat Kalbar lainnya, Irwan Susandi. Menurut Irwan, Dakwah Islam tak boleh berhenti. Masjid Jami’ ini adalah salah satu jejak Islam yang menjelma peradaban yang gilang gemilang. Jejak Islam dan jejak peradaban itu bukan persoalan sejarah semata, melainkan way of life yang harus terus dibawa dalam dakwah selamanya.

“Semoga ini sekaligus menjadi upaya memperkenalkan Islam di Pontianak ke khalayak di kota Jogjakarta pada saat pameran nanti,” harap Irwan.

Seperti dilansir dalam akun instagram khat.arts, puncak kegiatan Arts Trip ini mengambil tema Jejak Islam Jejak Peradaban (12 – 15 Agustus 2020). Para jejaring Seniman Muslim KHAT akan melakukan perjalanan dari Pontianak – Jogja, dan berakhir di Dieng. Dalam perjalanan tersebut, jejaring seniman akan berkarya di jejak-jejak peradaban Islam di Nusantara.

Selain Pontianak dan Jogjakarta, Arts Trip ini juga akan disupport jejaring KHAT Jawa Timur dan jejararing KHAT Banyumas

Sementara itu jejaring seniman Khat Kalbar yang akan berangkat dari Pontianak adalah Pay Jarot Sujarwo yang nantinya akan membacakan puisi tentang Jejak Islam Jejak Peradaban di Pegunungan Dieng Jawa Tengah. [dit]