June 17, 2021

Beranda Islam

Terpercaya – Tajam – Mencerdaskan Umat

Mahalnya biaya politik untuk menjadi anggota legislatif dan pejabat di daerah dan di pusat adalah salah satu alas tumbuhnya korupsi di negeri ini. Sehingga wajar saja KPK dilemahkan.  Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Ketua Forum Intelektual Muslim Kalimantan Barat, Firdaus Asyqar, M.Sc pada Kamis (13/5) melalui pesan Whatsapp kepada Beranda Islam.

“Mahalnya ongkos politik untuk menjadi anggota legislatif dan kepala daerah termasuk di pusat adalah salah satu alasan terbesar maraknya korupsi di negeri ini. Keberadaan KPK yang kuat dan berintegritas adalah musuh nyata bagi perilaku mega korupsi di indonesia” tulisnya.

Firdaus menambahkan KPK dibuat semakin tidak berdaya dengan jalur konstitusional adalah cara yang elegan. Pelemahan KPK ini diduga terjadi lantaran adan tes wawasan kebangsaan (TWK) pada pegawai KPK untuk menjadi aparatur sipil negara (ASN) dengan adanya beberapa pertanyaan yang dianggap tidak relevan.

“Adalah wajar jika KPK tidak disenangi banyak pihak yang berkepentingan. Melalui jalur konstitusional sebuah cara “elegen” untuk membuat KPK semakin tak mengigit” tambahnya.

Ketua FIM KalBar tersebut juga menjelaskan bahwa sistem demokrasi telah gagal menghadirkan sistem politik yang berkualitas dan melahirkan politiuk yang berintegritas selain biaya yang mahal ditambah aturan main dibuat oleh pihak-pihak yang berkepentingan.

“Sekali lagi ini menjadi bukti bahwa sistem demokrasi-kapitalisme telah gagal menghadirkan sistem politik berkualitas dan melahirkan politikus berintegritas” pungkasnya.[] (WI)