August 4, 2021

Beranda Islam

Terpercaya – Tajam – Mencerdaskan Umat

BerandaIslam.com, – Peristiwa pemanggilan terhadap sejumlah aktivis mahasiswa BEM UI terkait meme “The King of Lip Service” bergambar Presiden Jokowi yang diunggah pada akun instagram dengan akun @bemui_official beberapa waktu lalu diduga merupakan bagian dari pembungkaman terhadap mahasiswa. Peristiwa ini dinilai oleh mantan Presma BEM Faperta UNTAN Periode 2014-2015, Andi Septiandi bahwa kampus sudah menjadi alat politik rezim.

“Dengan dipanggilnya BEM UI ke rektorat bahwa kampus tidak lagi menjadi tempat uji intelektual tetapi sudah menjadi alat politik rezim untuk membungkam suara kritis dari mahasiswa ini mengingatkan kita seperti era orde baru yg mana kritikan menjadi sulit utk disampaikan”ujarnya kepada Beranda Islam, Kamis (1/7) lalu melalui pesan singkat via whatsapp.

Mantan aktivis mahasiswa tersebut juga menjelaskan bahwa rektorat kampus UI telah gagal untuk menjalankan fungsinya sebagai lembaga intelektual bukan malah menjadi alat gebuk bagi rezim untuk melawan kritikan. Terlebih lagi pembungkaman juga terjadi kepada mahasiswa yang menuntut ke arah perubahan Islam sebagaimana kasus-kasus yang sudah pernah terjadi selama ini.

“Apalagi terhadap kelompok organisasi serta mahasiswa yang menyerukan perubahan kepada islam” tegasnya.

Selain berwirausaha keseharian beliau juga sebagai pemerhati remaja dan pemuda menyampaikan bahwa arah perjuangan mahasiswa tidak cukup hanya berbekal semangat, tetapi juga perlu pemahaman dan konsep perubahan yang ideologis yaitu perubahan secara sistemik.

“Ketika kita berbicara kearah mana perjuangan mahasiswa harus ditempuh seharusnya gerakan mahasiswa menjadikan gerakan 98 sebagai pembelajaran ketika orde baru tumbang justru kondisi Indonesia malah semakin liberal ini karena gerakan mahasiswa hanya berbekal semangat untuk perubahan tapi tidak menyiapkan mau kemana arah perubahan” terangnya.

“Mahasiswa harus menjadikan islam sebagai arah perubahan karna hanya dengan Islam-lah negeri ini akan menjadi negeri yang berkah … dan terpenting adalah perubahan yang di ridhoi oleh Allah SWT” pungkasnya diakhir wawancara.