October 24, 2021

Beranda Islam

Terpercaya – Tajam – Mencerdaskan Umat

BerandaIslam.com, – Direktur Elfikra, Ahmad Rizal, menjelaskan bahwa dampak hutang dari China adalah untuk menguasai perekonomian seluruh negara yang ada di seluruh dunia.

“Ya tentu dampaknya yang pertama China akan lebih leluasa didalam menguasai ekonomi-ekonomi seluruh negara-negara yang ada diseluruh dunia dengan jebakan-jebakan hutang yang dia berikan kepada negara-negara berkembang atau negara-negara miskin.” ujarnya pada program Kabar Petang Live News Khilafah Channel, Jumat (11/6/2021) lalu, melalui kanal youtube KC News dengan tema “Investasi Dan Dominasi Impor China Di Level Bahaya”.

Ahmad menjelaskan bahwa jebakan hutang ini biasanya terjadi pada proyek-proyek infrastruktur dengan hutang dan bunga yang cukup tinggi yang berpotensi gagal bayar sehingga dapat diambil alih kepemilikannya.

“Jebakan-jebakan hutang ini biasanya mereka banyak ke proyek-proyek infrastruktur tadi itu dengan hutang yang cukup tinggi dan juga bunga yang cukup tinggi dan ini tentu China sudah memiliki hitung-hitungan bahwasanya agar dimungkinkan setiap negara yang berhutang kepada China itu agar bisa gagal bayar sehingga mereka bisa suatu saat mengambil alih saham dari proyek-proyek tersebut” jelasnya.

Ahmad juga menjelaskan bahwa banyak sekali kerugian-kerugian yang akan ditanggung oleh negara-negara yang berhutang kepada China melalui AIIB misalnya. AIIB bisa meminjamkan berbagai macam hutang-hutang luar negeri dari China ke seluruh negara-negara termasuk di Indonesia ini dengan jumlah yang tidak sedikit, jumlahnya cukup banyak sekali dan ini memang disasarkan atau target dari China ini adalah negara-negara yang memiliki sumber daya alam yang cukup melimpah seperti di Indonesia atau seperti di Amerika latin atau di daerah Caribia.

“Ya ini mereka (red_China) memang mentarget negara-negara yang memiliki sumber daya yang cukup besar ya sumber daya alam dalam hal ini maksudnya” ujarnya.
“Nah maka ini kemudian kalo mereka mentarget seperti ini artinya mereka tidak hanya ingin menguasai pasar di Indonesia sebagai lahan bagi produk-produk China itu tetapi mereka juga sebetulnya dalam jangka waktu panjang mereka juga ingin menguasai seluruh komoditas dan juga sumber daya alam yang ada di Indonesia dan juga negara-negara yang telah berhutang kepada China” pungkasnya.