October 24, 2021

Beranda Islam

Terpercaya – Tajam – Mencerdaskan Umat

BerandaIslam.com,- Kekhawatiran Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi terhadap ketertarikan kalangan milenial pada Khilafah dan Jihad justru berbeda halnya menurut Tokoh Pemuda Muslim Kalimantan Barat, Irwan Susandi. Ia menilai bahwa kaum milenial harus membuang jauh-jauh pemikiran Islam moderat. Hal ini disampaikannya melalui wawancara singkat via whatsapp kepada Beranda Islam, Jumat (24/9/2021).
“Oleh sebab itu, umat Islam khususnya kaum millenial harus membendung pemikiran Islam moderat dari akarnya dan membuangnya jauh-jauh serta terus memperjuangkan islam kaffah”, ujarnya.
Ia juga menjelaskan Istilah Islam moderat ini sangat berbahaya sebab istilah ‘moderat’ adalah jalan tengah yang menginginkan penghapusan peran agama dalam kehidupan yang dikenal dengan istilah sekulerisme, pemisahan agama dari kehidupan publik.
“Istilah ini sebenarnya adalah pendekatan halus dalam pertarungan ideologi kapitalisme dan islam dan tujuannya untuk mencegah penyebaran islam politik Alih-alih dapat membawa umat islam kepada kebangkitan, justru yang terjadi adalah akan semakin menjauhkan umat dari kebangkitan” terang Irwan.
Tokoh Pemuda tersebut juga menyampaikan perlu dipahami bahwa Khilafah dan Jihad adalah ajaran Islam. Sehingga mempelajari dan memperjuangkannya menjadi sangat penting.
“materi khilafah dan jihad sudah sejak lama masuk dalam kurikulum pendidikan madrasah. Ulama nusantara semisal H. Sulaiman Rasjid juga menjelaskan khilafah adalah suatu susunan pemerintahan yang diatur menurut ajaran agama Islam dalam bukunya Fiqih Islam” jelasnya.
Maka dari itu kaum milnial harus berhati-hati terhadap penyimpangan dari ajaran Islam. Diantaranya dengan membuat keraguan dan menjauhkan umat Islam dari pemahaman Islam termasuk pemahaman terhadap Khilafah dan Jihad.
“Tujuannya (red_islam moderat) diantaranya adalah meragu-ragukan dan menjauhkan umat Islam dari pemahaman Islam yang kaffah termasuk ajaran khilafah dan jihad, agar nilai-nilai dan praktek Islam khususnya yang berhubungan dengan politik Islam dan berbagai hukum-hukum Islam lainnya dapat dieliminasi dari kaum muslim dan diganti dengan pemikiran dan budaya barat serta penjajahan atas kaum muslim dapat tetap langgeng. Ini menjadi berbahaya” pungkasnya.