May 7, 2021

Beranda Islam

Terpercaya – Tajam – Mencerdaskan Umat

Berandaislam.com — Kondisi di Pontianak pada tanggal 29 Sya’ban 1442 H mendung disertai gerimis tipis-tipis. Akan tetapi tidak menyurutkan tekad tim rukyatul hilal dari Ma’had Inhadul Fikri untuk melaksanakan kewajibannya.

Demikian disampaikan oleh Eko Nuryadi, ketua tim Rukyatul Hilal Inhadul Fikri saat ditemui di Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, ahad (11/4) sore.

Menurut Eko, apabila situasi tetap seperti ini hingga magrib nanti, maka kemungkinan hilal tak terlihat kecuali cuaca berubah cerah tiba-tiba.

Dari data yang didapat Maghrib jatuh pada pukul 17:47. Posisi matahari terbenam dari arah utara 278° 28′ 58″ . Posisi bulan pada saat matahari terbenam dari arah utara 271° 45′ 52″

Sedangkan posisi bulan pada saat matahari terbenam dari ufuk adalah -7° 52′ 00″.

“Dari data tersebut maka posisi bulan lebih dulu terbenam dari matahari dan hilal belum terlihat,” ujar Eko.

Eko melanjutkan, hal-hal yang dilakukan tim di lapangan adalah hanya melihat koordinat azimut bulan dari arah utara, yaitu alat theodolit di tembakkan sekitar azimut 271° 45′ 30″ arah utara dan di sekitar ufuk dari arah mendatarnya pada saat magrib atau terbenam matahari. Adapun kondisi cuaca di ufuk pada saat itu sedang tertutup awan dan gerimis.

“Hasil dari pengamatan yang dilakukan rukyatul hilal 29 syakban 1442 H
11 april 2021 adalah hilal tidak terlihat,” demikian Eko menutup statemennya