October 18, 2021

Beranda Islam

Terpercaya – Tajam – Mencerdaskan Umat

BerandaIslam.com – Pengamat sekaligus praktisi pendidikan, Naim Sulaiman, M.Pd memberikan tanggapannya tentang kondisi pendidikan di masa pandemi saat ini seperti tidak mampu untuk menghadapai permasalahan, ditambah lagi output pendidikan tidak mencetak lulusan yang memiliki karakter yang paling utama yaitu merasa takut kepada Allah SWT.

“Masalah utama output pendidikan negeri ini selain minimnya kompetensi juga tentang karakter….sehingga fokus kurikulum pendidikan saat ini selain meningkatkan kompetensi juga karakter, (yaitu) karakter yg merasa selalu diawasi oleh ALLAH. Karakter yg memahami konsekuensi setiap perbuatan akan dibalas oleh ALLAH di dunia maupun di akhirat” ujarnya kepada Beranda Islam, Rabu (30/6) lalu melalui wawancara pesan singkat via whatsapp.

Dihubungi secara terpisah karena sedang berada di Bogor, ia juga memberikan contoh bagaimana korupsi yang terjadi saat ini banyak dilakukan oleh seseorang yang mempunyai kemampuan dan kompetensi yang baik bahkan merupakan lulusan almamater perguruan tinggi yang bermutu, namun semua itu tidak menjadikannya merasa takut kepada Allah SWT.

“(karakter) Inilah tantangan lembaga penyelenggara pendidikan saat ini mulai dari orang tua, sekolah, masyarakat dan negara” ujarnya.

Naim yang juga kesehariannya mengelola sebuah lembaga pendidikan Islam terpadu yang sekaligus sebagai direktur utamanya menjelaskan bahwa tantangan pendidikan saat ini dan kedepan dapat diatasi dengan penerapan pendidikan Islam yang memerlukan keterpaduan dari berbagai pihak termasuk peran negara.

“Dan peluang bagi lembaga pendidikan Islam untuk mengatasi tantangan tersebut dengan solusi pendidikan Islam yang tidak hanya mengedepankan penguasaan sains, teknologi dan keterampilan hidup juga kepribadian Islam pada setiap lulusannya” pungkasnya.(wi)