March 1, 2024

Beranda Islam

Terpercaya – Tajam – Mencerdaskan Umat

Menurut Direktur Siyasah Institute Ada 3 Dampak dari Maraknya Perzinaan

Beranda Islam – Maraknya jumlah siswi SMP – SMA yang meminta dispensasi menikah karena hamil duluan hal ini berarti semakin maraknya perbuatan zina, dan dampaknya menurut Direktur Siyasah Institute, Iwan Januar ada tiga dampak dari maraknya perzinaan remaja saat ini dikutip dari Media Umat, edisi 329, 3 – 16 Februari 2023.

Menurut Iwan yang pertama adalah adanya pemakluman aktivitas seks di luar nikah.

“Pertama, remaja dan masyarakat akhirnya beradaptasi dengan keadaan ini. Akhirnya terjadi pemakluman seks di luar nikah yang penting jangan sampai hamil, tidak gonta ganti pasangan dan pakai kondom,” jelas Iwan.

Sedangkan kedua akan ada ancaman sosial yang terjadi dan semakin maraknya seks di luar nikah.

“Kedua, ancaman sosial seperti yang saya sebutkan di awal; drop out sekolah, mental yang ambruk, penelantaran anak karena tidak siap, broken home karena belum mau menikah tapi dipaksa keadaan untuk menikah, dan makin maraknya seks di luar nikah,” papar Iwan dalam penjelasannya.

Adapun yang ketiga, adanya ancaman penularan penyakit menular seksual.

“Ketiga, ancaman eskalasi penularan penyakit menular seksual. Di beberapa rumah sakit daerah dilaporkan jumlah pasien usia muda yang terinfeksi penyakit kelamin semakin bertambah,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui beberapa waktu lalu dilansir dari sejumlah media bahwa terdapat sejumlah ajuan dispensasi nikah yang diajukan oleh para orang tua di Ponorogo, Jawa Timur, dan Sebagian besar ajuan tersebut dari siswa SMP-SMA. Sebagian besar ajuan itu dikarenakan hamil duluan atau karena pernah melakukan hubungan intim diluar pernikahan.[]