October 22, 2021

Beranda Islam

Terpercaya – Tajam – Mencerdaskan Umat

BerandaIslam.com  Sebagaimana dikutip dari Media Umat (9/9/2020), persidangan aktivis Islam Ali Baharsyah kembali digelar pada 8 September 2020 di Pengadilan Negeri, Jakarta Pusat sidang Ali Baharsyah.

Namun patut dipertanyakan, masihkah ada keadilan di negeri ini? Karena di dalam persidangan Majelis Hakim menolak eksepsi yang diajukan oleh kuasa hukum Ali Baharsyah, Chandra Purnairawan, ia menganggap Jaksa Penuntut Umum tidak cermat dan tidak menguraikan perbuatan terdakwa hingga terkena delik hukum.

“JPU tidak memberikan uraian surat dakwaan secara cermat, jelas dan lengkap mengenai tindak pidana yang didakwakan, hampir seluruhnya berupa kutipan caption status media Facebook dan dalam dakwaan kedua, ketiga dan keempat hampir seluruhnya kutipan dari dakwaan pertama tanpa diuraikan tentang perbuatan materiil apa yang dilakukan terdakwa sebagai perwujudan unsur-unsur delik yang bersangkutan,” jelas Chandra dikutip Beranda Islam dari Mediaumat.news, Rabu (9/9/2020).

 “Jaksa penuntut umum memadukan dalam uraian singkat dakwaan antara delik yang satu dengan delik yang lain yang unsur-unsurnya berbeda satu sama lain atau uraian dakwaan yang hanya menunjuk pada uraian dakwaan sebelumnya,” lanjut Chandra.

Persidangan akan dilanjutkan acara pembuktian dengan menghadirkan saksi-saksi. Saksi pertama yang dihadirkan oleh jaksa adalah saksi pelapor yaitu internal kepolisian.[]

(WI)