September 15, 2021

Beranda Islam

Terpercaya – Tajam – Mencerdaskan Umat


Oleh : Yusuf Kushandiansyah

Lisan, semua orang pasti pernah mendengar kata ini. Lisan adalah perkataan yang keluar dari mulut kita dalam kehidupan sehari-hari. Setiap hari kita pasti pernah berbicara pada orang lain, entah itu berbicara dengan baik maupun kasar.

Perkataan seperti apa yang keluar dari mulut kita? Terkadang kita tanpa sengaja mengucapkan kata-kata kasar kepada orang lain. Jujur ini sangat sulit untuk dihindari, kenapa? Karena iblis sering menggoda ketika kita sedang marah dan kesal. Akhirnya kita juga mengucapkan kata-kata yang dapat menyakiti hati orang lain. Lisan yang baik atau buruk dapat dilihat dari perkataannya kepada orang lain.

Diberitakan diberbagai media dan televisi ada seorang anak SMA yang membunuh temannya, lantaran sakit hati karena sering dihina oleh temannya tersebut. Korban ditemukan di pinggir jalan oleh seorang pengendara motor saat melintas di TKP (Tempat Kejadian Peristiwa).

Bisa kita cermati, dari lisan saja dapat menimbulkan masalah yang sangat besar. Bahkan dapat merenggut nyawa orang lain. Kadang kita sering melihat orang berkelahi hanya karena perkataan yang tidak layak untuk didengar.

Namun, jika kita menggunakan lisan kita dengan benar maka itu dapat menjadi amal jariah bagi kita. Oleh sebab itu aku sangat ingin menjaga lisanku, agar dapat menjadi lisan yang baik dan senantiasa mendapat kebaikan dari Allah SWT.[]

WalLahu’alam bis shawwab