May 21, 2022

Beranda Islam

Terpercaya – Tajam – Mencerdaskan Umat

Oleh : Puspita (Mempawah-Kalbar)

Setidaknya ada 53 warga Desa Sungai Limau, Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat, mengeluhkan laporan penggelapan dokumen asli Surat Keterangan Tanah yang tidak digubris kepolisian selama 7 bulan terakhir. Lahan dilaporkan seluas 100 hektar (suarapemredkalbar.com, 16/01/22).

Kasus mafia tanah yang meresahkan sebanyak 53 orang di Sungai Kunyit oleh Tono SP (mantan anggota DPRD Kabupaten Mempawah) telah dilaporkan sejak 7 bulan lalu ke Satreskrim Polres Mempawah namun tak digubris oleh pihak berwajib dengan dalih menunggu koordinasi dari kantor pertanahan.

Jika menilik kasus-kasus mafia tanah ini sudah menjadi bagian dari ekosistem dan sudah seharusnya pula dicari akar masalah mengapa sampai saat ini bisa membuat para mafia semakin subur. Mengapa pula seperti lambat dan lemah di dalam melakukan koordinasi?

Apabila kita mau memahami, hal ini terjadi karena berlakunya sistem kapitalis ditengah-tengah ummat. Sistem kapitalis selalu mencari manfaat disetiap kesempatan yang ada. Sistem kapitalis juga menciptakan birokrasi yang membingungkan dan tumpang tindik kewenangan. Sehingga untuk mngatasi laporan tindakan kejahatan harus menunggu koordinasi. Di sisi lain kadangkala peluang dalih investasi digunakan dan dijanjikan kepada rakyat. Rakyat dijanjikan keuntungan jika lahannya dijual.

Namun kenyataannya rakyat tertipu oleh orang-orang yang memanfaatkan sistem kapitalis ini. Mereka mudah untuk bekerjasama dengan pihak-pihak yang sama-sama mencari keuntungan. Karena sejatinya sudah terdidik oleh sistem kapitalis sejak awal. Begitulah muka asli dari sistem kapitalis.

Berbeda dengan Islam yang dasarnya adalah diterapkan hukum syara’ yang sejatinya akan melahirkan kemaslahatan. Sehingga peluang tumbuh suburnya mafia tanah sangat kecil kemungkinan karena birokrasi yang tidak membingukan karena berdasarkan syariah. Jika pun ada indikasi kearah tersebut maka Khalifah (Kepala negara_red) akan cekatan utk menyelesaikan dan memberikan sanksi yang tegas sehingga menimbulkan efek jera bagi pelaku dan orang lain.[]

Wallahu’alam