August 11, 2022

Beranda Islam

Terpercaya – Tajam – Mencerdaskan Umat

Oleh : Alfiyah (Pontianak-Kalbar)

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menegaskan komitmennya untuk segera mengeksekusi perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengendalikan harga-harga barang kebutuhan pokok (bapok), terutama minyak goreng (migor). Hal itu disampaikan Mendag Zulkifli Hasan usai sidak ke Pasar Koja Baru di Jakarta Utara pada Jumat (Bisnis.com 17/6/2022).

Seyogianya memang sudah seharusnya pemerintah menyediakan minyak goreng dengan jumlah mencukupi sehingga kebutuhan rakyat terpenuhi. Hal ini pun semestinya bisa terwujud karena Indonesia merupakan produsen sawit terbesar. Sayangnya saat ini rakyat justru kesulitan mendapatkan migor, kalaupun ada harganya selangit karena harus mengikuti mekanisme harga pasar.

Memang ada minyak yang disubsidi pemerintah yaitu minyak curah namun kualitasnya jauh lebih rendah, sedangkan yang berkualitas bagus dijual dengan harga mahal. Dengan demikian, hak rakyat untuk mendapatkan migor murah berkualitas tidak terlindungi.

Akhirnya rakyat tetap harus membeli migor dengan harga mahal padahal minyak merupakan kebutuhan pokok sehari-hari yang tidak terelakkan. Apalagi bagi pedagang kecil seperti penjual gorengan adanya minyak murah namun berkualitas merupakan hal yang sangat penting.[]

Wallahu’alam bisshowwab