April 14, 2021

Beranda Islam

Terpercaya – Tajam – Mencerdaskan Umat

Oleh : Lutfia Tunisa (Pontianak – Kalimantan Barat)

Masyarakat khususnya di daerah pedesaan  yang jauh dari perkotaan mengalami banyak kesulitan. Diantaranya adalah kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pokok seperti sandang, pangan, dan papan. Termasuk kebutuhan dasar seperti pendidikan, kesehatan, dan keamanan. Selain itu, dalam bidang ekonomi, masyarakat setempat juga mengalami kesulitan untuk mengembangkan usahanya. Hal ini dikarenakan minimnya sarana seperti tranportasi dan sarana pendukung lainnya.

Dikutip dari Warta Pontianak (9/3). Musibah tenggelamnya kapal Fery Kmb. Bili membawa dampak yang luas di berbagai sektor kehidupan khususnya bidang ekonomi dan infrastruktur bagi masyarakat di Kecamatan Jawai, Tekarang, dan Kecamatan Teluk Keramat. Termasuk terhambatnya transportasi menuju daerah apabila melalui sungai. Hal ini karena memang tidak ada penyeberangan lain untuk menuju kecamatan Jawai dan Tekarang. Pilihannya hanya satu, yaitu memutar keliling ke jalur Bantanan Satu, Jalan Mekar Sekuntum dan Sekura namun memerlukan waktu yang lama karena memang jarak yang panjang. Fakta tersebut menunjukkan bahwa pembangunan infrastruktur di negeri ini belum merata.

Pembangunan infrastrukturnya yang merata di seluruh pelosok negeri menjadi harapan besar masyarakat. Namun, dalam sistem kapitalisme saat ini sepertinya sulit dicapai untuk kesejahteraan rakyat. Karena, visi pembangunan infrastruktur di dalam sistem kapitalis hanya diperuntukkan kebutuhan bagi para pemodal dan produsen, agar dapat memasarkan produk-produknya ke masyarakat. Pada akhirnya pembangunan seperti jalan, jembatan, dan infrastruktur lainnya hanya menghubungkan daerah-daerah yang dipetakan sebagai sentra ekonomi bukan untuk kebutuhan masyarakat.

Infrastruktur transportasi merupakan sarana yang akan mendorong kemajuan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Pemerintah sebagai pihak utama yang bertanggung jawab untuk mengurusi urusan rakyat. Wajib bagi negara agar memprioritaskan pembangunan infrastruktur yang baik dan layak serta merata di setiap wilayah. Pembangunan tersebut harus berjalan dengan tujuan untuk mensejahterakan rakyat bukan hanya bagi para produsen saja.[]

Wallahu’alam Bisshowwab