March 4, 2024

Beranda Islam

Terpercaya – Tajam – Mencerdaskan Umat

Mucikari Perlu Diberi Efek Jera

Oleh : Sari (Mempawah-Kalbar)

Satreskrim Polres Mempawah berhasil mengamankan seorang pelaku Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di salah satu penginapan di Kecamatan Anjongan, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, Jumat 9 Juni 2023 malam. Kapolres Mempawah AKBP Sudarsono melalui Kasat Reskrim Iptu Robin Talib ketika dikonfirmasi membenarkan diamankannya pelaku TPPO atau eksploitasi seks terhadap anak di bawah umur.

Diketahui, pelaku berinisial RA merupakan warga Pontianak Timur, diringkus Satreskrim Polres Mempawah karena kedapatan menjadi mucikari menawarkan seorang anak di bawah umur untuk dijadikan teman kencan (https://pontianak.tribunnews.com, 11/06/2023).

Maraknya kejahatan atas perdagangan orang mengharuskan para penguasa untuk mengevaluasi hasil dari periayahan mereka terhadap masyarakatnya. Apa penyebabnya, apakah sudah diberlakukan sistem sanksi yang tegas? Apakah sanksi ada dapat memberikan efek jera? Dan adakah tindakan pencegahan agar masyarakat atau manusia yang lainnya tidak melakukan hal yang serupa?

Di sisi lain apakah lapangan pekerjaan sudah dipenuhi oleh pemerintah? Atau apakah kebutuhan pokok masyarakat sudah terpenuhi dengan baik, mulai dari sandang, pangan dan papan. Karena permasalahan ekonomi juga sebagai penyebab untuk mencari hasil yang mudah dan cepat meskipun menabrak sendi-sendi agama.

Jika semua permasalahan diatas belum dilakukan maka bagaimana evaluasi dan solusi yang harus dilakukan? Apakah cukup dengan menetapkan regulasi yang begitu banyak, namun disisi lain akses untuk terlibat dalam perdagangan orang juga sangat mudah didapatkan?

Keberadaan sistem kapitalisme yang melahirkan paham liberalisme adalah masalah utama aktivitas perdagangan orang tersebut. Sehingga manusia bebas berbuat semaunya tanpa ada standar yang shahih, bahkan UU yang ada juga tidak memberikan sanksi yang tegas.

Islam mewajibkan negara Islam untuk melakukan tindakan pencegahan serta memberikan sistem sanksi yang tegas dan mengandung efek jera. Hal-hal yang berkaitan dengan perdagangan orang juga akan dihapuskan. Kehidupan rakyat juga wajib dipenuhi dengan baik. Berbagai upaya tersebutlah yang akan terus dilakukan oleh negara, agar tak hanya sekedar sejahtera namun juga menjaga rakyatnya agar dapat menjadi masyarakat yang beriman dan bertaqwa kepada Allah dan Rasul Nya.[]

Wallahu’alam