December 6, 2022

Beranda Islam

Terpercaya – Tajam – Mencerdaskan Umat

Oleh : Alfiyah (Pontianak-Kalbar)

Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof Dr Karomani terkena operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Rektor Unila Prof Dr Karomani. Dalam OTT tersebut, KPK mengamankan tujuh orang. Mereka ditangkap terkait dugaan suap penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri. Saat ini tim KPK masih melakukan pemeriksaan (detik.co.id 20/8).

Tingginya angka korupsi di Indonesia bukan karena kebutuhan ekonomi, melainkan karena kerakusan ingin menguasai hak orang lain. Apalagi hingga saat ini penguasa dalam demokrasi masih ramah dengan para koruptor dengan aturan hukum yang sangat longgar.

Budaya belajar bergeser menjadi budaya materialistis, karakter yang dibangun adalah sekuler, hedonis, materialis, individualis dan pragmatis. Karena itu sejatinya anti korupsi tidak bisa dibangun dari kegiatan pelatihan karakter yang masih berada di bawah payung hukum kapitalis sekuler.

Kasus korupsi saat ini bukanlah persoalan individu, melainkan persoalan sistemik. Penerapan sistem demokrasi memang menjadi akar penyebab kasus korupsi karena sistemnya memang cacat akibat tegak di atas pemahaman sekuler dan kebebasan yang tidak mengenal prinsip halal dan haram.

Sistem sekuler ini menafikan peran agama dalam kehidupan, khususnya agama Islam yang berkeyakinan bahwa setiap sisi kehidupan tidak lepas dari aturan sang pencipta bahkan kelak akan di pertanggungjawabkan.[]