September 26, 2022

Beranda Islam

Terpercaya – Tajam – Mencerdaskan Umat

Oleh : Sari Puspita (Mempawah-Kalbar)

Kota Singkawang di guyur hujan lebat pada Sabtu 27 Agustus 2022 yang mengakibatkan beberapa ruas jalan di Singkawang terendam air. Sebab dari banjir tersebut selain dari intensitas curah hujan yang cukup tinggi juga diakibatkan dari jebol nya tanggul. Anggota DPRD Singkawang, Dido Sanjaya menegaskan Pemkot harus konsentrasi terkait persoalan banjir, bukan hanya konsentrasinya memperindah kota (tribunnews.com, 30/08).

Menurutnya, kota tak akan indah jika banjir terus menerus terjadi. Maka dari itu, kesampingkan dulu hal-hal yang kurang prioritas. Ia mengatakan bahwa sudah seharusnya Pemkot Singkawang menyelesaikan persoalan ini, belum lagi dikaitkan dengan pola ruang dan pemanfaatan ruang yang salah.

Pada dasarnya pengelolaan daerah terlebih lagi daerah kalbar adalah daerah yg dikelilingi dengan sungai dan laut. Maka sudah pasti dibutuhkan kerja ekstra utk tata kelola daerahnya. Bagaimana drainase yang baik, kemudian pembangunan tanggul yg efektif, serta pemanfaatan lahan yang tidak dikuasai oleh kapitalis serakah. Sehingga dengan begitu ada ruang untuk daya serap tanah dan maksimal untuk digunakan.

Namun masalahnya kondisi negeri ini diatur oleh sistem kapitalisme yang memandang pengaturan tata kelola kota bukan pada asas kemaslahatan umat namun bagaimana caranya agar menghasilkan materi keuntungan golongan tertentu yang sebanyak-banyaknya.

Dalam Islam kemaslahatan umat adalah salah satu yang utama. Pengaturan tata kelola kota diberikan kepada yang ahlinya, namun tetap dibawah kontrol dari negara. Sehingga kota-kota atau wilayah yang membutuhkan penanganan profesional, negara bersegera untuk menyelesaikannya.[]