September 28, 2022

Beranda Islam

Terpercaya – Tajam – Mencerdaskan Umat

Oleh : Miftahul Jannah (Pontianak-Kalbar)

Kedatangan para peserta KKM disambut Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan dalam sambutannya mengatakan generasi millenial masa kini lebih membutuhkan waktu dan pembimbingan kita supaya mereka bisa melewati setiap persoalan dan tantangan masa depan dengan cara mereka sendiri. Peserta KKM diharapkan menjadi agen perubahan yang membantu percepatan pembangunan daerah, khususnya di Kota Singkawang. (Suarapemredkalbar.com, 10/01/22).

Sejalan dengan Dekan FISIP Untan, Martoyo meminta agar setiap peserta didayagunakan sehingga mereka mendapatkan pengalaman kerja dan gambaran lingkungan dunia kerja. Berorientasi pada proses Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKB), keluaran perguruan tinggi harus link and match sehingga ada suatu kesesuaian antara ilmu dan praktek. Setiap peserta didayagunakan sehingga mereka mendapatkan pengalaman kerja dan gambaran lingkungan dunia kerja.

Konsep link and match dalam pendekatan perencanaan itu dikatakan, bahwa hendaknya pendidikan direncanakan berdasarkan kebutuhan tenaga kerja dalam masyarakat. Perguruan tinggi merupakan lahan industri strategis yang berperan dalam menggerakkan ekonomi dengan mengolah potensi intelektual dan ilmu pengetahuan yang ada di dalamnya (knowledge and technology driven economic growth) seperti industri jasa dan perdagangan lainnya.

Hal ini akhirnya akan menyebabkan komersialisasi dan industrialisasi perguruan tinggi tak terbendung dan terjadi kapitalisasi ilmu pengetahuan. Pemerintah terus mendorong kebijakan agar mampu mengikuti arus perubahan dan kebutuhan akan link and match dengan industri, sesuai dengan perkembangan kemajuan yang terjadi dan kebutuhan lapangan pekerjaan pemangku kepentingan pengguna lulusan.

Dalam Islam, strategi pendidikan dalam Islam bukan semata-mata kemewahan intelektual dan kebutuhan industrialisasi, melainkan untuk membentuk pola pikir (aqliyah) dan pola sikap (nafsiyah) islami, sehingga terwujud kepribadian Islam yang selalu berusaha untuk meraih ridha Allah. Selain itu, pendidikan dalam Islam berfokus pada pembentukan dan persiapan gugus tugas yang mampu melayani kepentingan vital umat dan menjaga urusan-urusan umat. Dengan demikian, akan lahir intelektual Muslim di tengah masyarakat sebagai problem solver dengan berbagai keahlian.[]

Wallahu’alam