April 15, 2024

Beranda Islam

Terpercaya – Tajam – Mencerdaskan Umat

BBM Subsidi Dijatah, Pakai QR Code Pula

Oleh: Halimah (Pontianak-Kalbar)

Pembelian BBM Subsidi di SPBU Pertamina akan dijatah dan wajib menggunakan Qr Code di aplikasi MyPertamina. BPH Migas dan Pertamina memberlakukan pengaturan berupa pembatasan pembelian bahan bakar minyak atau BBM jenis Pertalite mulai 2023. Langkah itu dilakukan setelah Pertamina mensyaratkan pembelian BBM jenis Solar Subsidi wajib terdaftar MyPertamina sebagai bagian dari uji coba full cycle atau penerapan subsidi tepat sejak 26 Desember 2022 lalu. Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan, ada beberapa daerah yang membatasi pembelian Pertalite (https://pontianak.tribunnews.com 14/05/2023).

Pembatasan pembeian BBM dapat terjadi dalam pandangan ideologi kapitalisme maupun pandangan Islam. Bedanya, dalam kapitalisme, pembatasan BBM merupakan langkah awal penghapusan subsidi yang dianggap beban keuangan negara. Sementara itu, dalam ideologi Islam, pembatasan BBM boleh dilakukan, tidak wajib dan hanya menjadi salah satu opsi pengelolaan BBM secara syar’i.

Pertimbangan dampak lingkungan dan sustainabilitas sumber daya energi, pembatasan BBM dalam sistem Islam bukan sesuatu yang salah untuk diterapkan. Apalagi pembatasan tersebut sama sekali tidak akan memberatkan umat, mengingat penerapannya terintegrasi dengan sistem ekonomi Islam.

Dalam konsep negara Islam, pembatasan BBM dapat diberlakukan tanpa mempersulit kehidupan masyarakat, juga berimbas pada terjaganya sustainabilitas sumber daya dan lingkungan.[]

Wallahu’alambisshowwab