October 24, 2021

Beranda Islam

Terpercaya – Tajam – Mencerdaskan Umat

Mahkamah Agung Arab Saudi mengumumkan bahwa pada Jumat, 31 Juli mendatang, adalah hari pertama Idul Adha. Melansir Gulf News, hari raya Idul Adha dilihat berdasarkan penanggalan kalender Hijriah, yang merupakan salah satu hari raya umat Islam. Mahkamah Arab Saudi mengatakan bahwa Rabu, 22 Juli 2020, akan menandai hari pertama dari bulan Zulhijah.

Karena hari raya Idul Adha selalu dilaksanakan setiap 10 Zulhijah, maka hari pertama Idul Adha akan berlangsung satu hari setelah wukuf di Arafah, yakni pada Jumat, 31 Juli mendatang. Pengumuman ini dilakukan berdasarkan hasil dari Komite Pemantau Hilal (bulan sabit) yang dibentuk untuk menentukan waktu awal tahun baru Hijriah dimulai dalam penanggalan kalender Islam.

Komite menegaskan bahwa bulan sabit Zulhijah tidak tampak pada Senin (20/7/2020) dan akan tampak jelas setelah matahari terbenam pada Selasa (21/7/2020). Itu artinya, pada Rabu besok, hari pertama pada bulan Zulhijah akan dimulai. Zulhijah merupakan bulan dalam kalender Islam yang menandai dimulainya musim haji setiap tahunnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Arab Saudi Umumkan Hari Raya Idul Adha pada 31 Juli”

https://www.kompas.com/global/read/2020/07/21/144410270/arab-saudi-umumkan-hari-raya-idul-adha-pada-31-juli

Penulis : Miranti Kencana Wirawan
Editor : Miranti Kencana Wirawan