October 24, 2021

Beranda Islam

Terpercaya – Tajam – Mencerdaskan Umat

Sebagian orang tua dan anak yang merasa kesulitan menjalani pembelajaran jarak jauh saat ini mulai ada harapan. Pasalnya pemerintah akan memberi izin penyelenggaraan pembelajaran secara tatap muka.

“Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan telah melakukan langkah-langkah. Dan mungkin tidak lama lagi akan diumumkan daerah-daerah yang selain zona hijau akan diberikan kesempatan melakukan kegiatan belajar tatap muka,” kata Doni Monardi Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 dalam jumpa pers usai rapat dengan Presiden Jokowi, Senin (27/7).

Akan tetapi pembelajaran tatap muka diluar zona hijau akan dilakukan secara terbatas. Seperti jumlah siswa dikurangi, durasi belajar dipersingkat, serta tetap menjalankan protokol kesehatan dengan ketat.

Kendati demikian, pembelajaran jarak jauh yang masih diterapkan saat ini adalah yang paling efektif dalam upaya pencegahan penularan covid-19. Meskipun sekolah-sekolah yang berada di daerah, banyak mengalami kesulitan dalam menerapkan pembelajaran jarak jauh karena sulitnya sinyal internet.

Pengumuman Kementrian Pendidikan merupakan angin segar untuk sekolah-sekolah di daerah yang banyak mengalami kesulitan. Namun, jangan sampai dua hari sekolah lantas hari ketiga ditutup kembali sebagaimana yang terjadi di Korea Selatan. Sedangkan di Papua setelah sekolah tatap muka, 289 siswa positif covid dan di Kalbar sendiri beberapa siswa dan guru terdata positif Covid.

Ummu Abdilla
Pontianak-Kalimantan Barat