April 22, 2021

Beranda Islam

Terpercaya – Tajam – Mencerdaskan Umat

Rata-rata perekonomian masyarakat  Indonesia mengalami dampak pandemi virus Corona. Sehingga daya beli masyarakat pun berkurang. Untuk itu, pemerintah melakukan percepatan pemulihan ekonomi dengan cara memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada para pekerja non PNS dan BUMN. 

Pemerintah menyediakan anggaran sebesar 31,2 triliun untuk para pekerja yang aktif terdaftar di BPJS kesehatan dengan iuran dibawah 150 ribu perbulan atau setara dengan gaji dibawah 5 juta perbulan.

Bantuan ini akan diberikan kepada 13,8 juta pekerja selama 4 bulan berturut-turut dan dibayarkan perdua bulan. Rencananya bantuan ini akan direalisasikan pada September 2020.

Padahal jumlah buruh dan pegawai di Indonesia mencapai 52,2 juta. Diantaranya berprofesi sebagai pedagang, petani, nelayan, serta pekerjaan sejenis lainnya dipastikan tidak dapat menikmati bantuan ini. Karena sebagian dari profesi ini tidak tercatat di BPJS tenaga kerja.

Semoga saja BLT dapat juga menyasar kepada pekerja apapun, walaupun mereka tidak terdaftar di BPJS tenaga kerja. Agar bantuan bagi yang terdampak pandemi virus Corona juga dapat dirasakan.

Ummu Abdilla

Pontianak-Kalimantan Barat