April 17, 2021

Beranda Islam

Terpercaya – Tajam – Mencerdaskan Umat

Oleh : Malinda

BKKBN Provinsi Kalimantan Barat bersama Dinas Perlindungan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Sambas melaunching program Pelayanan Keluarga Berencana MKJP (Metode Kontrasepsi Jangka Panjang). Kabupaten Sambas menjadi Kabupaten percontohan dikarenakan memiliki usia subur yang cukup tinggi. Program KB MKJP ini diharapkan dapat mewujudkan pertumbuhan penduduk berkualitas di Kalimantan Barat, khususnya di Sambas. (TribunSambas.com, 17/2).

Berdasarkan Sensus Penduduk tahun 2020, laju pertumbuhan penduduk di Kabupaten Sambas mencapai 2,4 sampai dengan 2,5 persen dari total 5,6 juta masyarakat Kalimantan Barat. Ditambah selama Pandemi Covid-19, banyak menyumbang terjadinya kasus kelahiran yang tidak terencana. Sistem kapitalis menilai lajunya pertumbuhan penduduk berakibat pada menurunnya kesehatan ibu dan memupuk kasus stunsting pada anak sehingga menjadi sesuatu yang mengancam dan berbahaya.

Akan tetapi beda halnya dengan Islam. Islam memandang pertumbuhan jumlah penduduk yang tinggi sebagai aset terbesar negara. Dengan penerapan sistem Islam secara kaffah, maka dengan ekonomi Islam mampu mewujudkan kesejahteraan masyarakat perindividu. Pendidikan Islam yang berbasis akidah Islam, mewujudkan individu yang bertakwa dengan daya pikir yang cemerlang. Negara menyediakan pelayanan kesehatan yang terbaik dan gratis, dapat dirasakan oleh seluruh elemen masyarakat. Sehingga tidak hanya kuantitas, namun  kualitas penduduknya terbaik.[]