September 26, 2022

Beranda Islam

Terpercaya – Tajam – Mencerdaskan Umat

Oleh : Sari Puspita (Mempawah-Kalbar)

Ketua Apkasindo Kabupaten Sambas Gusnadi mengungkapkan silaturahmi dan konsultasi dalam rangka percepatan mendongkrak ekonomi petani sawit menjadi peran yang dilakukan Apkasindo. Membantu mendata petani sawit mandiri dan hasilnya jika lahan petani mandiri mencukupi maka akan mengajukan pabrik kelapa sawit kepada pemerintah melalui dana Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit. (www.pontianak.tribunnews.com 03/08/2022).

Sejatinya memang negara atau penguasa memberikan dukungan kepada para petani untuk meningkatkan ekonomi para petani termasuklah sawit. Namun negara yang harus langsung bertindak, tidak melalui pihak ketiga atau swasta.

Sayangnya seringnya saat ini, usaha untuk meningkatkan ekonomi sawit diambil alih oleh swasta yang pastinya akan mendapatkan keuntungan tersendiri bagi swasta tersebut. Dan negara sebagai regulator, regulasi yang dibuatpun cenderung menguntungkan pihak swasta, akhirnya negara lepas tangan.

Kehadiran Apkasindo ditengah-tengah petani sawit menjadi wadah yang memperjuangkan hak-hak dari petani sawit patut diapresiasi. Namun ternyata posisi mereka tak mampu untuk kemudian bersaing dengan kebijakan-kebijakan yang berpihak pada korporasi, yang saat ini sedang memegang andil terkait perkembangan sawit.

Alhasil, munculnya organisasi sejenis di sistem kapitalis, yang bertujuan memihak hak-hak petani akan menemukan jalan buntu selama problem sistem kapitalisme yang rusak ini tidak diganti.[]