December 6, 2022

Beranda Islam

Terpercaya – Tajam – Mencerdaskan Umat

Oleh : Waviza (Sambas)

Isu radikalisme terus menjadi topik pembicaraan sampai saat ini. Radikalisme ini pula sering dikaitkan dengan hal-hal yang berbau agama. Berbagai upaya pun digencarkan untuk menangkal penyebaran radikalisme.

Dilansir dari SuaraKalbar.id (17/9), Kepala Badan Intelejen Nasional (BIN) Daerah Kalimantan Barat (Kalbar), Brigadir Jenderal Polisi Rudi Tranggono mengingatkan, kepada masyarakat di provinsi itu, untuk tetap waspada terhadap ancaman kelompok-kelompok radikal kanan yang ingin mengubah ideologi Pancasila.

Narasi tersebut merupakan salah satu narasi untuk memainkan isu radikalisme dengan berbagai program yang menyasar kepada seluruh kalangan. Padahal, berbagai permasalahan, kebobrokan dan kegagalan para pelaku demokrasi semakin jelas didepan mata.

Dalam hal ekonomi misalnya, rezim tidak kunjung mampu menyejahterakan rakyat dengan memenuhi segala kualitas hidup yang layak, apalagi memberikan rasa aman dan damai. Program yang ada hanya menyusahkan rakyat dan membebani dengan segala macam aturan dari akal manusia. Parahnya pula, rezim berusaha menjauhkan umat dengan aturan yang shahih yakni aturan dari Sang Pencipta.

Wajar jika narasi-narasi yang ada termasuk narasi radikalisme bisa dianggap sebagai upaya dilakukan untuk menutupi keburukan dan kerusakan rezim. Selain itu juga, diduga untuk membendung berbagai upaya perjuangan umat Islam dalam menegakkan hukum Allah SWT.

Padahal hukum Allah SWT yang tertuang dalam syariah dan sistem Islam adalah sistem yang menjamin kualitas kehidupan yang layak, mementingkan keamanan dan kenyamanan umatnya. Tak lupa, sistem Islam juga mampu mewadahi umatnya untuk menyebarkan aspirasi-aspirasi yang mengarah pada kebaikan. Memfasilitasi umatnya untuk memperluas dakwah ideologi Islam yang rahmatan lil’alamin.[]