December 6, 2022

Beranda Islam

Terpercaya – Tajam – Mencerdaskan Umat

Oleh : Lussy Deshanti Wulandari (Bogor)

Hari Kebangkitan Nasional diperingati setiap tahunnya pada tanggal 20 Mei. Hal ini bertepatan dengan lahirnya organisasi Boedi Oetomo. Karena hal tersebut merupakan momen yang menginisiasi kebangkitan dan semangat perjuangan rakyat dalam melawan penjajah demi meraih kemerdekaan.

Berbicara tentang kebangkitan, bangkitnya suatu bangsa itu bukan hanya dilihat dari canggihnya teknologi atau megahnya infrastruktur di dalam negeri. Namun, kebangkitan itu juga dilihat dari pemikiran masyarakatnya, yakni kesadaran mereka akan posisinya sebagai makhluk Allah SWT, yang mesti tunduk pada-Nya.

Manusia mengemban tugas sebagai khalifah fil ardh, untuk menjaga bumi ini dengan cara menjalankan aturan-Nya. Mereka mengemban amanah mulia sebagaimana dicontohkan Rasulullah saw yang semasa hidupnya menyampaikan wahyu Allah SWT ke tengah masyarakat sebagai jalan hidup bukan sebatas agama ritual semata.

Oleh karena itu, agar bangsa ini bangkit dan maju, maka masyarakat yang ada di dalamnya harus memiliki pola pikir atau kesadaran tersebut. Kesadaran ini yang akan menjadi jalan kebangkitan hakiki dan akan menghantarkan pada kebangkitan suatu bangsa. Yaitu bangsa yang merdeka dari penjajahan fisik dan nonfisik, berdaulat, adil, dan sejahtera dalam berkah dan rahmat Allah SWT.[]

Wallahu’alam