May 7, 2021

Beranda Islam

Terpercaya – Tajam – Mencerdaskan Umat

Nurkhalifah – Ketapang, Kal-bar

Kondisi ruas jalan provinsi dari Sekadau-Rawak memprihatinkan dan rusak berat. Ada sebuah truk terperosok ke dalam parit dengan posisi terbalik sehingga puluhan kendaraan roda dua dan roda empat harus mengantri menunggu giliran jalan. Salah satu pengguna jalan Anton (26 tahun) mengakui kerusakan jalan memang sudah cukup lama dan semakin parah. Hingga kini belum ada perbaikan dari pihak pemerintah (suarakalbar.co.id, 22/3)

Jelas bahwa kerusakan sarana transportasi sangat mengganggu aktivitas masyarakat. Pemerintah setempat seharusnya memperhatikan hal ini dengan lebih bijak. Karena sudah sangat lama masyarakat menunggu penanganan jalan ini dengan solusi yang tuntas.

Perbaikan jalan merupakan tanggung jawab negara dan penguasa. Hal ini tercermin sikap Umar bin Khattab ra.ketika menjadi Khalifah yang memperbaiki jalan berlubang di Irak. Amirul mukminin Umar bin Khattab ra. yang terkenal tegas dan tegar dalam memimpin kaum muslimin tiba-tiba menangis, dan kelihatan sangat terpukul. Informasi salah seorang ajudannya tentang peristiwa yang terjadi di tanah Iraq telah membuatnya sedih dan gelisah.

Seekor keledai tergelincir kakinya dan jatuh ke jurang akibat jalan yang dilewati rusak dan berlobang. Melihat kesedihan Khalifahnya, sang ajudan pun berkata: “Wahai Amirul Mukminin, bukankah yang mati hanya seekor keledai?” dengan nada serius dan wajah menahan marah Umar bin Khattab bekata: “Apakah engkau sanggup menjawab di hadapan Allah ketika ditanya tentang apa yang telah engkau lakukan ketika memimpin rakyatmu?”

Dalam riwayat yang lain Ia berkata, “Seandainya seekor keledai terperosok di Kota Baghdad karena jalanan rusak, aku sangat khawatir karena pasti akan ditanya oleh Allah Ta’ala, ‘Mengapa kamu tidak meratakan jalan untuknya?’.

Lalu, bagaimana dengan kondisi sekarang? Korban nyawa manusia sudah banyak gara-gara jalan berlubang. Pengendara yang berusaha menghindari jalan berlubang, malah terjatuh dan kemudian terlindas kendaraan yang melaju di belakangnya.

Oleh karena itu sudah seharusnya kita beralih ke sistem yang lebih shahih yakni Khilafah Islamiyyah yang dipimpin oleh seorang Khalifah. Sistem yang berasal dari Rabb dan bersumber dari Al-Qur’an. Sistem ini mewajibkan negara memperhatikan kemaslahatan umat pada fasilitas umum serta mengharuskan pemimpin agar tidak abai dalam mengurusi rakyatnya.[]

Wallahu a’lam bisshowab.