April 22, 2021

Beranda Islam

Terpercaya – Tajam – Mencerdaskan Umat

Oleh: Malinda (Pontianak-Kalimantan Barat)

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Kejaksaan menenggelamkan 4 kapal asing illegal berbendera Vietnam di Pulau Datok, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat (Kalbar) (Kompas.com, 25/3/2021).

Kasus penenggelaman kapal asing illegal ini kembali terjadi. Kali ini kapal berbendera Vietnam yang ternyata mencuri ikan di perairan laut Indonesia. Kasus masuknya kapal asing ke perairan Indonesia untuk mencari ikan sudah sering terjadi.

Pemberian efek jera juga sudah dilakukan pemerintah, misalnya dengan cara dihancurkan dan kapal yang ada di isi pasir dan dilubangi sehingga kapal tenggelam. Aan tetapi peristiwa ini terus-menerus berulang seakan-akan tidak pernah usai. Hal ini membuktikan bahwa kebijakan hukum yang diterapkan tidak memberikan efek jera bagi pelaku kejahatan pencurian ikan di perairan Indonesia.

Menjaga kedaulatan termasuk batas perairan laut adalah tugas dari negara. Namun, kewajiban ini akan sulit terwujud di dalam sistem yang rusak. Yaitu buah dari sistem ekonomi kapitalisme global. Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam termasuk kekayaan laut dan geopolitik yang strategis telah menjadi objek “manis” bagi negara luar. Termasuk menjadi objek pencurian ikan.

Pemerintah tidak bisa menerapkan sanksi hukum yang tegas karena dikhawatirkan akan berpengaruh terhadap hubungan ekonomi bilateral antar negara yang bersangkutan. Di dalam sistem kapitalisme saat ini telah menjadikan materi dan manfaat sebagai orientasi utama dengan mengesampingkan keamanan negara dan kesejahteraan rakyat.

Alhasil masalah ini tidak akan pernah usai jika negara tidak menerapkan kebijakan politik dan ekonomi yang tegas yaitu dengan menerapkan Islam. Khususnya bagi negeri-negeri muslim akan memiliki kekuatan politik dan militer yang mampu menopang kedaulatan negerinya termasuk menjaga kedaulatan perairan laut.

Penerapan Islam Kaffah akan menjadikan negara kuat dan berdaulat serta menjadi negara adidaya yang mandiri dan ditakuti oleh negara lain. Negara juga akan menerapkan hukum Islam yang tegas bagi para pelaku pencurian tanpa khawatir akan pengaruh dari negara lain demi kesejahteraan dan keamanan rakyat. Oleh karena itu sudah saatnya kita kembali ke sistem Islam dibawah naungan Khilafah Islamiyah untuk mewujudkan negara yang berdaulat atas negerinya sendiri.[]

Wallahu’alam Bisshowwab