June 30, 2022

Beranda Islam

Terpercaya – Tajam – Mencerdaskan Umat

Oleh : Neni R. (Pontianak-Kalbar)

Harga BBM non subsidi mengalami kenaikan per 12 Februari 2022. Adapun jenis BBM yang mengalami kenaikan diantaranya jenis Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex. Kenaikan harga BBM ini sesuai dengan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 62 K/12/MEM/2020. Namun, kenaikan harga BBM Pertamina berbeda-beda di setiap wilayah Indonesia, yaitu berkisar Rp 1.500 hingga Rp 2.650 per liter. Sebagaimana di Provinsi Kalimantan Barat, harga BBM jenis Pertamax Turbo Rp 13.750, Dexlite Rp 12.400, dan Pertamina DEX Rp 13.450.

Kenaikan BBM ini selalu berimbas pada kenaikan harga kebutuhan pokok. Karena kenaikan tersebut juga akan berimbas pada biaya produksi hingga biaya distribusinya. Dan pada akhirnya tentu akan dibebankan kepada konsumen yaitu rakyat sebagai pengguna pada suatu produk.

Padahal selama pandemi, masyarakat banyak kehilangan pekerjaan karena adanya pemutusan hubungan kerja sepihak yang banyak dilakukan di beberapa perusahaan. Selain dari pada itu juga adanya pembatasan jam malam yang mengakibatkan kerugian yang tidak sedikit dialami oleh banyak pedagang kecil.

Sistem kapitalis telah mengubah negeri kaya SDA ini menjadi negeri yang miskin dan menyengsarakan rakyatnya. Akibat dari sistem kepemilikan yang tidak diatur dengan aturan dari Allah SWT. Sejatinya SDA untuk kesejahteraan rakyat, tapi yang ada malah dikangkangi para kapitalis dan oligarki. Seyogianya SDA harus dikuasai oleh negara dengan penerapan Islam kaffah untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat.[]