December 6, 2022

Beranda Islam

Terpercaya – Tajam – Mencerdaskan Umat

Oleh : Trijayanti (Pontianak-Kalbar)

Aksi kekerasan yang dilakukan oleh polisi Israel terhadap sejumlah warga Palestina di Masjid Al Aqsa, mendapat sorotan dunia. Kecaman dari berbagai negara-negara di duniapun ditujukan ke Israel akibat tragedi yang memakan korban jiwa dan luka-luka (16/4).

Indonesia menjadi salah satu negara yang sekuat tenaga dalam rangka mengerahkan upaya di segenap lini, termasuk di Committee on the Exercise of the Inalienable Rights of the Palestinian People(CEIRPP). Juga mengusulkan agar OKI (Organisasi Kerja Sama Islam) dan GNB (Gerakan Non-Blok) dapat segera melakukan pertemuan khusus untuk membahas masalah tersebut.

Indonesia juga terus mendesak agar Dewan Keamanan PBB dapat mengambil langkah nyata untuk menghentikan seluruh kekerasan dan menghadirkan keadilan dan perlindungan bagi Palestina. Namun, apakah seruan-seruan, desakan-desakan dan upaya tersebut menuai hasil?

Para ulama, menyebut Masjid Al Aqsa dan daerah sekitarnya (di sekelilingnya) itu sebagai negeri yang diberkahi, karena di daerah tersebut diutus oleh Allah sejumlah rasul-Nya untuk berdakwah di negeri tersebut dan sebagian menetap di sana.

Diantaranya, Nabi Ibrahim, Ishak, Luth, Ya’kub, Musa, Daud, Sulaiman, Ilyas, Ilyasa, hingga Isa AS. Hal ini berdasarkan Alquran di dalam surat Al A’raaf [7]: 137, Al Israa` [17]: 1, Al Anbiyaa` [21] 71 dan 81). ‘’Dan Kami selamatkan Ibrahim dan Luth ke sebuah negeri yang Kami telah memberkahinya untuk sekalian manusia.’’ (QS Al Anbiyaa` [21]: 71).

‘’Dan (telah Kami tundukkan) untuk Sulaiman angin yang sangat kencang tiupannya yang berhembus dengan perintahnya ke negeri yang Kami telah memberkatinya. Dan adalah Kami Maha Mengetahui segala sesuatu.’’ (QS Al Anbiyaa` [21]: 81).