October 18, 2021

Beranda Islam

Terpercaya – Tajam – Mencerdaskan Umat

Halimah, S.PdI (Pontianak-Kalimantan Barat)

Dilansir dari Insidepontianak.com (03/03/2021) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Mempawah,  keberatan dengan keputusan Bupati Mempawah Erlina yang mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbu) No 11 tahun 2021 tentang tambahan penghasil pegawai (TPP) Apartur Sipil Negara dilingkungan pemerintah kabupaten Mempawah.

Dalam perbup tersebut TPP telah terjadi pemangkasan bagi guru ASN. Pemotongan anggaran pendidikan dan tunjangan guru menunjukkan perhatian pemerintah terhadap dunia pendidikan sangat minim. Dari kebijakan ini, tampak jelas pemerintah tak memprioritaskan pendidikan sebagai masalah utama.

Padahal sejatinya kesejahteraan guru berpengaruh pada produktivitas mereka sebagai guru. Karena guru mempunyai tanggung jawab yang besar bagi  generasi mendatang agar dapat membentuk peradaban yang gemilang.

Islam menetapkan pendidikan adalah modal dasar membangun sebuah peradaban. Kesejahteraan guru merupakan suatu hal penting untuk diperhatikan. Karena guru merupakan profesi yang mulia. Dari merekalah kita bisa mendapatkan ilmu pendidikan. Jasanya bisa menentukan keberhasilan dari seorang individu, bahkan lebih besar lagi yaitu keberhasilan negeri ini.[]