September 17, 2021

Beranda Islam

Terpercaya – Tajam – Mencerdaskan Umat


Lutfia Tunisa (Pontianak-Kalimantan Barat)

Saat ini di berbagai daerah di Indonesia stok vaksin covid-19 menipis. Hal ini berdampak pada terganggunya pelayanan vaksinasi. Seperti penundaan jadwal vaksinasi yang kedua dan sulitnya bagi masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi dosis pertama.

Seperti yang terjadi di Pontianak. Wali Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Edi Rusdi Kamtono mengaku kekurangan stok vaksin Covid-19. Stok vaksin untuk wilayah Kota Pontianak menipis atau bahkan habis. (Kompas.com, 26/7/2021)

Sejak pandemi covid-19 melanda negeri kehidupan masyarakat menjadi semakin sulit. Kesulitan yang paling kentara yang dialami masyarakat adalah dalam aspek ekonomi dan kesehatan. Untuk mendapatkan vaksin saja sulit akibat vaksin yang menipis. Bahkan ada wacana vaksin akan ditarik bayaran.

Dalam Islam vaksinasi termasuk kedalam aktivitas berobat, khususnya pengobatan preventif yang hukumnya adalah sunnah. Namun jika memang diduga kuat bahwa dapat menimbulkan dhoror maka hukumnya haram. Kesehatan juga termasuk ke dalam kebutuhan dasar masyarakat yang wajib ditanggung oleh negara secara gratis.

Sebagaimana hadist dari Rasulullah saw yaitu “imam (kepala negara) itu bagaikan pengembala dan dialah yang bertanggung jawab atas segala urusan rakyatnya.” [HR. Muslim]. Termasuk urusan vaksin ini maka negara berupaya dengan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada menyediakan vaksin untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Kemudian memberikan akses kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkannya secara gratis. []

Wallahu’alam Bisshowwab