April 22, 2021

Beranda Islam

Terpercaya – Tajam – Mencerdaskan Umat

Oleh : Khairiyah (Pontianak-kalimantan Barat)

Ketapang darurat narkoba. Berdasarkan data Polres Ketapang, pada tahun 2020 terjadi 72 kasus tindak pidana narkoba dengan 87 pelaku yang berhasil diamankan.

“Untuk menekan peredaran narkotika di Kabupaten Ketapang, jangan hanya berharap dari pencegahan dan penegakan hukum dari Kepolisian saja, melainkan dibutuhkan kerjasama semua pihak secara bersama-sama. Peran serta orangtua, masyarakat dan lingkungan pendidikan juga diharapkan bisa mencegah peredaran narkoba di Ketapang” ujar Kapolres Ketapang, AKBP Wuryantono sebagiamana dikutip dari Tribune Ketapang (11/3) lalu. (www.tribunketapang.com, 11/3/2021).

Seyogianya, tidak hanya peran orangtua, masyarakat, lingkungan pendidikan, namun peran negara yang lebih utama dan tak kalah pentingnya. Sebab negara punya andil dan kuasa untuk mencegah perkembangan narkoba. Negara punya kemampuan untuk memberikan sanksi sehingga para pelaku mendapatkan efek jera. Meskipun sangat mustahil berharap kepada negara yang menganut sistem kapitalisme yang “mendewakan” materi.

Hanya Islam yang mampu mengatasi masalah narkoba. Dengan menanamkan pemahaman Islam, akan membentuk pemikiran Islam yang berlandaskan aqidah Islamiyah. Juga mampu membentuk keimanan kepada Allah yang kokoh dan menghasilkan rasa takut untuk melakukan berbagai maksiat yang menyalahi syariat Islam selain penerapan sistem sanksi Islam yang tegas.[]

Wallahu’alam Bisshowwab