July 31, 2021

Beranda Islam

Terpercaya – Tajam – Mencerdaskan Umat

Maimurah (Pontianak-Kalimantan Barat)

Pembangunan Jembatan Kapuas 3 yang diperkirakan akan menghabiskan biaya senilai Rp 1,3 triliun. Gubernur Kalbar H. Sutarmidji menyatakan bahwasannya jembatan ini diharapkan dapat mengurai kemacetan, menciptakan kawasan ekonomi baru, investasi akan masuk dan lainnya. Dengan demikian, akan mendorong ekonomi dan kemajuan daerah (JPPN.com, 25/2).

Kame’ selaku warga Kalbar, gayong bersambot sejalan dengan harapan Pak Midji tu. Sebagaimana pada mase kejayaan Islam tempo dolok. Dimane semue fasilitas umum seperti rumah sakit, masjid, jalan, jembatan merupakan sarana yang di peruntukan untuk kesejahteraan dan memudahkan rakyat.

Ketika jembatan ini telah ada, tentu menjadi peluang untuk memudahkan sarana investasi. Namun, Islam memang memperbolehkan berinvestasi untuk kemaslahatan umat dalam harta yang memang milik individu dan sesuai koridor syariah, bukan untuk kepentingan investor asing dalam mengangkut SDA, dan bukan pula untuk memperkaya para pemilik modal saja. Maka dari itu, Islam melarang investasi pada harta milik umum, termasuk jalan dan jembatan. Oleh karena itu, pemerintah bertanggung jawab agar investasi dapat berjalan sesuai koridor Islam. Selain menerapkan aturan Islam secara total, juga harus mengawasi pelaksanaannya. []