April 22, 2021

Beranda Islam

Terpercaya – Tajam – Mencerdaskan Umat

Catatan Reportase Risalah Akhir Tahun 2020
Oleh : Agustin Pratiwi  (Intelektual Muslimah)

Digital event terbesar muslimah yang diadakan pada Sabtu 26 Desember 2020 bertajuk “Risalah Akhir Tahun (Ratu 2020) : Berkah dengan Khilafah” secara serentak telah dilaksanakan melalui jejaring online seperti Zoom meeting, Maxbuzz dan kanal YouTube Kaffah. Acara tersebut dihadiri oleh ribuan muslimah dari seluruh penjuru negeri dengan berbagai latar belakang.

Para narasumber sebagi pengisi acara, merupakan tokoh intelektual Muslimah, menyampaikan materinya diselingi dengan suasan dialog yang santai. Dapat ditarik beberapa kesimpulan yang penting diantaranya adalah diperlukan adanya sebuah sistem shohih yang dapat menjadi alternatif untuk membawa kesejahteraan dan keadilan bagi masyarakat.

Ibu Hj. Ir. Dedeh Wahidah Achmad, Konsultan dan Trainer Keluarga Sakinah menyatakan bahwa “kegagalan demokrasi adalah fakta dan tidak ada yang bisa diharapkan lagi dari sebuah sistem yang memang telah rusak dari akarnya”. Ia mengungkap adanya beberapa faktor sebab kegagalan demokrasi, yang pertama karena setiap aturan yang dibuat hanya bersumber dari akal manusia yang memiliki keterbatasan sehingga aturan yang dibuat rentan berubah sesuai dengan kepentingan. Kedua, demokrasi memfasilitasi perselingkuhan antara penguasa dan pengusaha sebab mahalnya ongkos politik. “Yang terpenting adalah bagi seorang muslim apabila mengambil sumber hukum selain daripada Islam adalah sebuah keharaman” ucapnya.

Pengamat Kebijakan Publik, Ibu Pratma Julia S. P memaparkan sederet fakta miris yang ada di tengah masyarakat. Mulai dari hukum yang cenderung tebang pilih, juga nihilnya kemandirian negara untuk memenuhi kebutuhan rakyat, “bahkan untuk sekadar memenuhi kebutuhan vaksin covid-19 negara harus berutang lagi, itu artinya setiap kepala dari kita menanggung utang setidaknya Rp 20.500.000” pungkasnya. Menurutnya mustahil memperjuangkan tegaknya Islam dalam sistem demokrasi yang berlandaskan sekularisme.

Ustadzah Ratu Erma Rahmayanti S.P, Pemerhati Kebijakan Keluarga dan Generasi juga mengingatkan bahwa sebagai hamba  Allah kita diwajibkan untuk menerapkan Islam secara keseluruhan. Seperti  apa yang telah dicontohkan oleh Rasulullah Muhammad SAW sebagai suritauladan kita. Ia menjelaskan bahwa khilafah islamiyah adalah institusi untuk mengaplikasikan syariah secara kaffah. Islam memiliki solusi dari segi konsep dan metode untuk menyelesaikan problematika hidup manusia.”Allah memberikan aturan yang di dalamnya tak ada sedikitpun kepentingan selain hanya untuk memberikan kesejahteraan hidup manusia” paparnya. Khilafah akan menjamin kesejahteraan rakyat dengan memastikan mereka mendapatkan hak-haknya sebagai warganegara seperti kesehatan, pendidikan, dan keamanan. Segala penjaminan oleh negara didanai dari pengelolaan kekayaan alam yang ada dalam wilayah negara untuk kesejahteraan masyarakat luas.[]